Rabu, 28 November 2012

Pembuatan Segitiga Bertingkat Dengan Dev C++


Hello teman-teman ini pembuatan segitiga bertingkat dengan cara manual...
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut...
 

1. Ini merupakan file headernya..

#include <windows.h>   // digunakan oleh sistem
#include <gl/Gl.h>
#include <gl/glut.h>

2.//<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<< myInit >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
 void myInit(void)
 {
        glClearColor(1.0,1.0,1.0,0.0);       // membuat latar belakang putih
        glColor3f(1.0f, 0.0f, 1.0f);           // membuat warna gambar pink
  glPointSize(4.0);       // ukuran titik 4 x 4 pixel
glMatrixMode(GL_PROJECTION);
glLoadIdentity();
gluOrtho2D(0.0, 640.0, 0.0, 480.0);
}

3.//<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<< myDisplay >>>>>>>>>>>>>>>>>
void myDisplay(void)
{
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);     // hapus layar

ini merupakan coding untuk membuat segitiga-segitiga tersebut...
//segitga 1
      glBegin(GL_POLYGON); 
      glColor3f(1.0f, 0.0f, 1.0f);  
      glVertex2i(320, 410); //titik Tengah
      glVertex2i(290, 350); 
      glVertex2i(350, 350); 
      glEnd();
      glFlush(); // mengirim semua output ke layar 
}

Untuk membuat segitiga selanjutnya, teman-teman tinggal copy paste coding di atas dan mengubah titik-titiknya...

Penutup :

//<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<< main >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
int main(int argc, char** argv)
{
glutInit(&argc, argv);           // inisialisasi  toolkit
glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE | GLUT_RGB); // set modus display
glutInitWindowSize(640,480);     // set ukuran window 
glutInitWindowPosition(100, 150); // set posisi window di layar
//acuan sudut kiri-atas
glutCreateWindow("Segitiga Bertingkat"); // buka screen window
glutDisplayFunc(myDisplay);     // registrasi fungsi menggambr
myInit();                   
glutMainLoop();     // berulang terus-menerus
}

Untuk coding yang lebih lengkap teman-teman boleh download  :: Disini ::


Tidak ada komentar:

Posting Komentar